Sabtu, 09 Oktober 2010

Pengertian Dasar dan Struktur OSIS

       OSIS (kepanjangannya adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing seorang guru yang dipilih oleh pihak sekolah.
       Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

Struktur Organisasi
       Pada dasarnya setiap OSIS di satu sekolah memiliki struktur organisasi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, biasanya struktur keorganisasian dalam OSIS terdiri atas:
  • Ketua Pembina (Biasanya Kepala Sekolah)
  • Wakil Ketua Pembina (Biasanya Wakil Kepala Sekolah)
  • Pembina (Biasanya Guru yang ditunjuk oleh Sekolah)
  • Ketua Umum
  • Wakil Ketua I
  • Wakil Ketua II
  • Sekretaris Umum
  • Sektetaris I
  • Sekretaris II
  • Bendahara
  • Wakil Bendahara
  • Ketua Sekretaris Bidang (sekbid) yang mengurusi setiap kegiatan siswa yang berhubungan dengan tanggung jawab bidangnya.
       Dan biasanya dalam struktur kepengurusan OSIS memiliki beberapa pengurus yang bertugas khusus mengkoordinasikan masing-masing kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.


SEKILAS OSIS


A. Pendahuluan

     OSIS merupakan Organisasi Siswa yang syah dan kedudukannya yang berada di lingkungan sekolah dan menjalankan tugasnya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah ditetapkan. Sehingga dalam pelaksanaannya merupakan wadah yang menampung segala inspirasi dan kreatifitas serta kedinamisan yang positif bagi dan dari anggotanya. OSIS yang merupakan pusat dari segala kreatifitas yang berada di lingkungan sekolah yaitu semua siswa SMA Negeri 2 Tambun Selatan.

B. Dasar & Asas
     OSIS berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta berdasarkan kepada azas kekeluargaan dan gotong royong.

C. Tujuan
     Berusaha membentuk kader penerus perjuangan bangsa melalui pembinaan anggotanya, agar berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, sifat kepemimpinan dan patriotisme serta kesegaran Jasmani dan Rohani.
Melibatkan seluruh siswa dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara serta melaksanakan pembangunan nasional dengan meningkatkan kemampuan siswa menuju tercapainya prestasi belajar yang tinggi.
    Menunjang program Intrakurikuler, memberi kesempatan berorganisasi kepada siswa.
Membina ketahanan sekolah yang bertanggung jawab dan berwibawa.


D.Tugas dan Fungsi Jabatan


1. KETUA UMUM
     Ketua Umum OSIS mempunyai tugas yaitu bertanggung jawab atas segala kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS berdasarkan kepada Program Kerja yang telah disyahkan.


2. WAKIL KETUA I
     Dalam melaksanakan tugasnya berusaha membantu Ketua Umum dalam melaksanakan tugasnya dan berusaha untuk kerjasama dengan para bawahannya dan yang paling penting mempunyai tugas:
Memimpin dan bertanggung jawab terhadap kegiatan yang sedang dilaksanakan apabila Ketua Umum berhalangan hadir.
Berusaha mengkoordinasi dam mengawasi serta ikut terjun langsung dalam segala kegiatan.

3. WAKIL KETUA II
     Pada dasarnya tugas pokoknya sama dengan Wakil Ketua I dan untuk kelancaran tugasnya, maka perlu koordinasi dengan para bawahannya sebagai bahan laporan kegiatan.



4. SEKRETARIS UMUM
     Sekretaris Umum mempunyai tugas pokok sebagai berikut :
Bertanggung jawab terhadap pengeleloaan administrasi Organisasi serta ketertiban administrasi OSIS
Mencatat segala hasil kegiatan yang berhubungan dengan program kerja OSIS dan berusaha mengkoordinir bawahannya.

5. SEKRETARIS I & II
     Tugasnya membantu Sekretaris Umum.


6. BENDAHARA UMUM
     Bendahara Umum mempunyai tugas pokok,yaitu bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan Organisasi. Berusaha untuk mengelola keuangan OSIS dengan baik sehingga dalam laporannya tidak terdapat kekeliruan.


7. BENDAHARA I
     Bertugas membantu kegiatan Bendahara Umum.



SEKBID (SEKRETARIS BIDANG)

1. SEKBID I (Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa)
     Bertujuan untuk melatih siswa agar lebih meningkatkan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berusaha agar para siswa lebih kreatif dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat keagamaan.

2. SEKBID II (Kehidupan Berbangsa dan Bernegara)
     Bertujuan untuk melatih siswa agar lebih merasakan Nasionalisme serta kecintaan kepada bangsa dan negara. Serta menciptakan persatuan dan kesatuan.

3. SEKBID III (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara)
     Bertujuan untuk melatih siswa agar merasakan Nasionalisme serta ikut serta dalam rangka pembangunan Negara yang khususnya untuk melatih Kedisiplinan.

4. SEKBID IV (Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur)
     Bertujuan untuk melatih siswa agar lebih menanamkan kesopanan serta melaksanakan norma-norma yang berlaku di masyarakat dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

5. SEKBID V (Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Kepemimpinan)
     Bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi seorang pemimpin dan mampu menggerakan Organisasi serta ikut serta dalam kegiatan Politik Siswa.

6. SEKBID VI (Keterampilan dan Kewiraswastaan)
     Bertujuan melatih siswa agar mampu lebih kreatif dan mendidik agar mempunyai keterampilan lebih dari tugas pokoknya,yaitu belajar.

7. SEKBID VII (Kesegaran Jasmani dan Kreasi)
     Bertujuan untuk melatih siswa agar dapat mengerti akan pentingnya jasmani dan kreasi siswa dalam menunjang proses belajar dan kegiatan. 

8. SEKBID VIII (Persepsi, Apresiasi dan Daya Kreasi Seni)
     Bertujuan untuk melatih siswa dalam mengembangkan Kreativitasnya yang berhubungan dengan kegiatan kesenian. Diharapakan pada siswa dapat mengembangkan Minat dan Bakatnya dengan baik.

9. SEKBID IX (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
     Bertujuan untuk melatih siswa agar dapat mengikuti Teknologi yang berkembang sangat cepat. Dan juga diharapkan dapat mengatasi segala macam permasalahan Komunikasi yang ada.

10. SEKBID X (Berbahasa dan Bersastra Inggris)
     Bertujuan untuk melatih siswa dalam bidang Berbahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional. Diharapkan dapat mengembangkan minat Berbahasa Inggris.

by: Mahrdian, wkl skretaris 1
sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar